Detikdigital jasa pembuatan company profile, website, logo

Tips menjadi freelancer desainer yang sukses

Menjadi freelance adalah pilihan bagi sebagian orang dan karena berbagai alasan. Waktu luang dan kerja yang fleksible adalah keuntungan menjadi freelancer. Namun kepastian akan mendapatkan klien dan keuntungan juga tidak menentu. Bagainana sebaiknya tips dan trik menjadi seorang full time freelancer desainer yang sukses? Mari simak tips berikut

Rajin membangun portfolio karya

Senjata utama seorang freelancer adalah hasil karya yang dibuat, dikumpulkan lalu dipublikasikan menjadi sebuah portfolio. Sangat berguna bagi calon klien untuk mengetahui hasil karya anda sebelum memesan jasa yang anda tawarkan. Kualitas seorang freelancer ditentukan oleh portfolionya. Misalkan jika anda seorang desainer logo, developer website, sering-seringlah mendokumentasikan dan mengumpulkan hasil karya anda.

Buatlah sebuah website pribadi berisi portfolio

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, portfolio adalah senjata utama freelancer. Dengan memiliki sebuah website pribadi akan menambah tingkat kepercayaan calon klien anda. Dengan memiliki website juga menambah profesionalisme dimata klien. Hasilnya anda lebih berpeluang lebih mudah mendapatkan klien.

tips menjadi freelancer
Ilustrasi seorang freelancer

Aktif di website khusus freelancer

Selain aktif dengan website pribadi anda, klien juga mencari freelancer melalui situs website khusus freelancer. Website freelancer terkenal antara lain :

  • Freelancer.com
  • Sribu.com
  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id
  • Fastwork.com

Saya pribadi lebih sering menggunakan projects.co.id dan fastwork sebagai media dalam mencari klien/project.

Terus belajar mengasah kemampuan

Seperti kata pepatah “belajar tiada akhir”, tetaplah belajar dan mengasah kemampuan serta selalu mengikuti perkembangan jaman. Lihatlah karya dari freelancer lain, amati dengan seksama, tirulah karyanya lalu modifikasi, setelah itu ciptakan karya yang lebih baik. Banyak website yang khusus untuk menampilkan berbagai karya desainer freelance antara lain:

Kesimpulan tips menjadi freelancer

Menjadi freelancer adalah pilihan bagi mereka yang menginginkan kebebasan dalam bekerja dan fleksibilitas tempat dan waktu. Namun ketidakpastian mendapat klien juga menjadi tantangan tersendiri. Membangun sebuah portfolio yang baik, menjaga hubungan baik dengan klien merupakan salah satu solusi terbaik bagi para freelancer membangun brand image mereka.

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *