Tips Membuat Design Menarik untuk Pemula

Saat ini, skill graphic design adalah salah satu skill yang paling dibutuhkan. Tidak hanya untuk keperluan branding suatu perusahaan atau bisnis saja, tapi juga dalam hal online marketing.

Meskipun kebutuhan akan graphic designer yang sangat tinggi, tetapi sumber dayanya masih kurang. Artinya, ini adalah peluang untuk Anda untuk bisa menghasilkan uang dengan menjadi graphic designer.

Tips Membuat Design Menarik

Tapi saya bukan profesional? Tidak masalah, Anda tetap bisa membuat design yang keren bahkan tanpa pelatihan sekalipun. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk design Anda:

Buat Design yang Simple

Sebagian designer pemula biasanya terlalu perfeksionis terhadap design awal mereka. Merasa design yang sudah dibuat jelek dan membandingkan hasil karya mereka dengan designer profesional.

Tanpa sadar hal ini membuat Anda menghabiskan banyak waktu tanpa menghasilkan apa-apa. Maka dari itu buatlah design yang sederhana, tidak ada masalah denga hal itu.

Yang jadi masalah adalah ketika design Anda terlalu bagus tapi isinya sulit dipahami oleh orang-orang yang melihatnya. Sebaiknya minimalkan jumlah elemen, teks dan font, konsisten dengan warna dan visual yang seimbang.

Gunakan Color Palette

Bagi Anda yang baru belajar design, jangan sampai melewatkan untuk mempelajari warna-warna. Hal ini sangat penting karena akan membuat design Anda jauh lebih hidup dan memudahkan pesan di dalamnya tersampaikan ke audiens.

Tips Membuat Design Menarik untuk Pemula
ilustrasi color palette

Pemilihan warna tidaklah begitu mudah dilakukan, tetapi tentu saja ini bukan masalah besar. Karena banyak sekali situs-situs yang menyediakan tools color palette yang dapat Anda gunakan.

Gunakan Visual Hierarchy

Memberikan visual hierarchy pada design Anda akan membuat hasil design tersebut menjadi lebih mudah untuk dipahami. Hirarki berlaku untuk semua element baik gambar, grafik, icon, warna, dan sebagainya.

Fungsi utama dari penggunaan visual hierarchy adalah membuat karya Anda menjadi lebih rapi dan mudah untuk dipahami.

Itulah dia beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menghasilkan design untuk Anda yang non-designer. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan di share jika Anda suka dengan artikel ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *