Psikologi Warna dalam Desain Grafis yang Wajib Diketahui

Warna dalam Desain Grafis – Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari melihat warna-warna setiap harinya. Tetapi apakah Anda tahu bahwa setiap warna dapat memicu emosi atau memberikan efek tertentu.

Sebagai seorang desainer grafis, Anda harus tahu apa makna dari setiap warna. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda untuk memilih Warna dalam Desain Grafis dengan lebih bijak dan tepat.

Pemilihan warna yang bijak akan membuat hasil desain Anda menjadi lebih bermakna dan penuh emosi. Lalu apa saja arti-arti dari Psikologi Warna ? Simak di bawah ini:

Arti Warna Merah

Merah memiliki warna yang terang yang melambangkan energi, kekuatan, keberanian, dan gairah. Warna merah banyak digunakan untuk membangun branding karena terkesan kuat.

Warna dalam Desain Grafis

Warna merah juga dapat membangkitkan selera makan seseorang, sehingga banyak makanan cepat saji yang menggunakan warna ini sebagai branding mereka, salah satunya adalah McDonald’s.

Warna Orange

Orange adalah warna yang berasal dari kombinasi merah dan kuning. Warna orange memberikan kesan kreativitas, antusiasme, dan keceriaan. Orange memiliki warna yang tidak terlalu mencolok seperti merah, namun warna ini dapat menarik perhatian layaknya warna merah.

Warna yang energik dan memiliki visibilitas tinggi ini dijadikan salah satu warna untuk berbagai rambu lalu lintas, pakaian kerja pertambangan, dan sebagainya.

Warna Kuning

Kuning merupakan warna yang bermanka atau melambangkan kebahagiaan, harapan, dan optimisme. Kuning yang cerah dan ceria memberikan kehangatan dan rasa bahagia.

Sama seperti orange, kuning pun sering digunakan untuk info kehati-hatian. Bisa Anda lihat pada lampu lalu lintas, kuning berarti hati-hati.

Warna Biru

Sebagai salah satu warna yang paling sering digunakan karena memberikan ketentraman ini memberikan kesan ketenangan, kepercayaan, kecerdasan, dan tanggung jawab.

Bisa Anda lihat beberapa perusahaan yang butuh kepercayaan tinggi biasanya menggunakan warna biru. Contohnya seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Warna Hijau

Hijau merupakan warna yang identik dengan alam, pertumbuhan, dan harmoni. Warna hijau dapat membantu memberikan suasana yang santai, sejuk, dan memberikan kesan keseimbangan visual.

Beberapa brand besar yang menggunakan warna hijau untuk produk mereka seperti Spotify, Starbuck, Tokopedia, dan sebagainya.

Kesimpulan Warna dalam Desain Grafis

Ada jutaan warna diluar sana, namun Anda cukup memahami psikologi warna-warna dasar saja sudah cukup. Dengan mengetahui semua psikolog warna tersebut, Anda dapat dengan mudah menentukan warna yang tepat untuk Anda gunakan pada desain Anda.

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *