Branding perusahaan

Psikologi warna dalam bisnis perusahaan

Psikologi warna dalam bisnis perusahaan – Warna bagi sebagian orang adalah hal biasa dan umum. Namun tanpa kita sadari, warna memberikan efek yang luar biasa bagi kehidupan kita termasuk untuk bisnis, desain, dan branding produk / citra perusahaan. Warna tanpa kita sadari membuat kita memilih suatu produk tertentu, mempengaruhi persepsi kita terhadap suatu produk / perusahaan.

Psikologi warna masih kontroversi

Psikologi warna ini sebenarnya teori yang masih diperdebatkan. Ada yang percaya bahwa warna sangat berpengaruh dalam produk / perusahaan, dan sebagian lagi tidak percaya. Tetapi faktanya, banyak perusahaan – perusahaan besar di Indonesia bahkan dunia yang mengaplikasikan psikologi warna tersebut ke dalam desain branding perusahaannya seperti logo, warna kemasan produk dan lain lain.

Psikologi warna menurut ilmuan

Mari kita simak artikel yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine, disebutkan bahwa ada kemungkinan warna berdampak pada manusia. Hal ini disebabkan adanya preferensi pribadi, pengalaman pribadi, pendidikan seseorang, budaya dan hal lainnya.

Fungsi psikologi warna

Menurut seorang ahli bisnis digital Neil Patel, Warna dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan sebuah produk. Dengan memilih warna yang tepat anda dapat lebih menguasai strategi pasar dan strategi marketing dibanding kompetitor anda. Mari kita simak dengan seksama infografis dari thelogocompany.net berikut :

Psikologi warna dalam desain
Warna dapat memberi sebuah kesan

Memilih warna untuk desain branding perusahaan

Setelah mengetahui tentang informasi pengaruh warna pada citra perusahaan, maka apakah anda akan tertarik atau mempertimbangkan sebuah kekuatan warna ? Disekitar kita bisa kita lihat bersama beberapa perusahaan besar menggunakan psikologi warna ini sebagai branding perusahaannya. Warna biru misalkan melambangkan Trust (kepercayaan), maka banyak bank di indonesia menggunakan warna biru sebagai citra perusahaan mereka (logo, warna branding). Lihatlah bank BCA, BRI, BNI, dan MANDIRI semuanya menggunakan warna biru agar terlihat terpercaya. Itu hanya salah satu contoh saja, banyak perusahaan lain yang sebenarnya menggunakan kekuatan warna ini.

Bagi anda yang ingin memulai membuat branding perusahaan, mungkin bisa mempertimbangkan kekuatan dari sebuah warna ini. kekuatan warna ini dapat anda terapkan pada desain logo perusahaan, desain company profile perusahaan, kop surat, stasionery, brosur, warna gedung/kantor, dan lain lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *