Proses desain logo makanan pentol wolu

Berawal dari pesanan seorang teman saya yang mempunyai usaha kuliner makanan pentol wolu, saya diminta untuk membuatkan logo untuk brand jualan pentolnya. Pentol wolu dalam bahasa indonesia berarti pentol delapan. Kata delapan berasal dari saudara kandungnya yang berjumlah 8 orang. Dalam mendesain logo makanan tentunya ada tantangan tersendiri. Dalam artikel kali ini saya ajak untuk melihat proses mendesain sebuah logo kuliner pentol.

Informasi mengenai logo yang akan didesain

Logo yang akan didesain adalah logo usaha makanan pentol. logo nantinya akan dipasang di gerobak, cup / gelas dan plastik bungkus untuk pentol frozennya. Beberapa olahan makananya antara lain :

  • Pentol kuah
  • Pentol kuah kacang
  • Pentol dan tahu bakso frozen

Rencana konsep desain logo

Karena usaha utamanya adalah pentol yang berbentuk bulat maka logo harus ada maskot lucu yang berbentuk bulat. Lalu untuk font saya pilihkan yang tebal, jelas terbaca, menarik dan tidak terkesan formal. Karena belum ada tagline maka saya tambahkan tagline yang pas yaitu “rasanya paling pas” dan ownernya setuju saja dengan tagline tersebut. Untuk warna logo saya pilihkan kombinasi warna merah, kuning dan hitam.

Mengapa logo, brosur dan media desain lain yang berhubungan dengan makanan selalu identik atau kebanyakan menggunakan merah dan kuning ? karena warna tersebut merangsang otak bawah sadar kita terlihat menarik dan lezat. Anda mau bukti ? logo mcdonal, kfc, hoka hoka bento dan lain sebagainya menggunakan warna merah dan kuning sebagai base warna logo mereka. Anda baiknya baca artikel saya mengenai psikologi color (baca juga : Psikologi warna dalam logo)

Memulai mendesain logo dengan cepat

Karena sudah ada bayangan dikepala saya dan logo tidak terlalu sulit, langsung saya eksekusi proses pembuatan logo. Untuk software yang saya pakai memakai corel draw 2018. Berikut beberapa gambar proses mendesain logo tersebut. Untuk maskot saya buat karakter berbentuk bulat sesuai bentuk pentol itu sendiri, lalu tinggal ditambah pemanis yaitu topi koki/chef, kaki dan tangan.

proses design logo
mendesain font dan tagline
proses mendesain logo
mendesain maskot dan hasil akhir logo pentol
design makanan pentol
hasil implementasi desain ke gerobak

Kesimpulan proses mendesain logo makanan pentol

Secara garis besar tidak menemukan kendala dalam mendesain mulai dari konsep hingga hasil akhirnya. Font saya menggunakan jenis yang tebal, tidak formal dan yang penting jelas dibaca. Karakter maskot juga tidak sulit dibuat, hanya tinggal membuat bulatan lalu ditambah pemanis seperti mulut, mata, kaki, tangan dan topi kok/cheff. Tagline dibawah logo juga ditambahkan agar terlihat menarik dan profesional. Untuk warna saya pilihkan merah dan kuning karena warna tersebut sangat cocok untuk makanan.

Sekian dahulu dalam artikel ini semoga bisa menjadi pelajaran bagi anda yang ingin mendesain sebuah logo makanan. Jika anda membutuhkan jasa desain logo silahkan hubungi kami dibagian kontak. terimakasih

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Whatsapp
Whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *