Prinsip Dasar Membuat Logo yang Profesional

Prinsip logo profesional, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya logo. Karena pada dasarnya logo adalah elemen penting dalam sebuah perusahaan, organisasi, dan sebagainya.

Logo bukanlah hal yang mudah untuk dibuat, jago dalam desain grafis belum tentu bisa membuat logo profesional. Ada prinsip-prinsip dasar dalam pembuatan logo yang harus di pahami.

Sesuai artinya, logo merupakan identitas yang berbentuk gambar atau sketsa yang memiliki arti atau filosofi tertentu di dalamnya. Sehingga pembuatannya pun tidak bisa asal-asalan.

Prinsip dasar pembuatan logo adalah “SMART”, yaitu :

  • Simple
  • Memorable
  • Appropriate
  • Resizable
  • Timeless

Berikut ini penjelasan dari masing-masing prinsip dasar pembuatan logo :

Simple design

Jika ada yang beranggapan bahwa membuat logo yang simple itu perkara yang mudah, maka Anda salah besar. Justru membuat logo yang simple adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit.

prinsip logo profesional

Mengapa membuat logo yang simple? Alasannya sederhana, karena semakin simple maka logo pun lebih bersih, unik, dan lebih mudah diidentifikasi atau dikenali oleh orang-orang.

Memorable logo

Tidak hanya sederhana, sebuah logo haruslah memorable atau memberikan kesan dan mudah di ingat oleh orang-orang. Sehingga, ketika orang melihat logo Anda, maka mereka langsung ingat dengan produk Anda.

Coba Anda pikirkan buah apel, apa yang terlintas dipikiran Anda pertama kali? Pastinya produk-produk Apple kan. Ya, design logo yang sederhana, iconic, tapi memorable.

Appropriate

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, Appropriate artinya sesuai. Maksudnya logo yang Anda buat haruslah sesuai dengan audiens atauu target market yang produk Anda tuju.

Jika Anda menargetkan audiens anak-anak, maka buatlah logo yang dengan desain yang lucu, unik, serta menggunakan font-font yang dapat menarik perhatian anak tersebut.

Resizable pixel

Penggunaan logo tidak hanya digunakan pada satu media saja. Tapi logo digunakan diberbagai media seperti di dalam website, aplikasi, media sosial, dan sebagainya.

Agar bisa menyesuaikan dengan semua media tersebut, maka logo bisa dibuat dengan dengan format vektor agar dapat di reproduksi dengan lebih mudah dan dengan ukuran yang disesuaikan.

Timeless design

Pernah Anda melihat logo KFC? Tahukah Anda kapan logo KFC itu dibuat? Pastinya sudah sangat lama, tapi logonya tetap bertahan sampai dengan saat ini, itulah yang dinamakan “Timeless”.

Anda tidak perlu mengikuti trend dalam pembuatan logo. Tetapi Anda harus bisa membuat logo yang efektif dan mampu melewati uji ketahanan sampai 5-10 tahun kedepan.

Kesimpulan prinsip logo profesional

Itulah dia prinsip-prinsip dasar pembuatan logo yang wajib Anda ketahui. Apakah Anda sudah mengetahui hal ini sebelumnya? Jika belum, silahkan share artikel ini agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *