Peran landing page dalam sebuah website

Ketika kita sedang menjelajahi sebuah website yang menawarkan sebuah produk atau jasa. Kita pasti sering melihat sebuah halaman yang muncul. Halaman tersebut berisikan informasi lengkap yang disusun secara menarik tentang sebuah produk / jasa.

Setelah membacanya, biasanya para pengunjung akan merasa tertarik untuk menggunakan atau memanfaatkan layanan tersebut. Halaman tersebut biasa kita panggil sebagai Landing Page. Kali ini, kita akan membahas beberapa peran penting Landing Page dalam sebuah website. Berikut ini di antaranya :

Sebagai kampanye pemasaran

Peran Landing Page yang akan kita bahas pertama adalah sebagai kampanye atau salah satu strategi pemasaran sebuah produk atau layanan. Oleh karena itu, kita pasti sering kali menjumpai bahwa kata-kata atau kalimat yang ada di Landing Page bernada “ajakan” agar para pengunjung melakukan sesuatu seperti membeli barang atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

peran landing page
Ilustrasi web landing page

Biasanya di Landing Page akan menjelaskan keunggulan produk / layanan tersebut apabila dibandingkan dengan yang lainnya.
Hal ini merupakan fungsi utama dari Landing Page ini.

Pemasaran menggunakan Landing Page juga terbukti sangat efektif untuk menarik minat para pembaca.

Meningkatkan konversi atau fokus pembaca

Peran Landing Page yang selanjutnya adalah meningkatkan konversi atau fokus para pembaca pada sebuah produk atau jasa yang diunggulkan. Hal in sangat berguna apabila ada bermacam-macam produk serta layanan yang diberikan.

Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Data Leads atau Data Pengunjung

Jenis Landing Page yang ini biasanya adalah Landing Page yang berbentuk Form atau isian formulir. Manfaat dari Landing Page ini tentu saja untuk mendapatkan data utama atau data riset yang sangat berguna yang mampu membantu Anda untuk lebihi memahami keinginan serta kecenderungan pola konsumsi dari konsumen.

Menyebarkan informasi

Peran Landing Page yang selanjutnya adalah untuk menyebarkan informasi terupdate mengenai sebuah produk. Seperti contohnya, produk apa yang paling direkomendasikan, Voucher yang bisa Anda gunakan serta promo apa saja yang sedang berlangsung serta bisa Anda gunakan saat ini.

Membuat Pengunjung Betah Berlama-Lama di Website Tersebut

Peran Landing Page kelima adalah membuat pengunjung website betah berlama-lama berada di halaman tersebut. Oleh karena itu, desain Landing Page ini sendiri harus dibuat semenarik serta seunik mungkin sehingga para pengunjung menyukainya dan mau berlama-lama berada di website tersebut.

Biasanya orang-orang yang membaca Landing Page memang ingin membeli sesuatu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pengunjung Anda sehingga Anda bisa memengaruhi keputusan akhir yang akan dipilih oleh pengunjung Anda.

Mengarahkan Pengunjung ke Halaman Lain yang Lebih Relevan

Peran Landing Page selanjutnya adalah mengarahkan pengunjung ke halaman lain yang lebih relevan. Contohnya saja, menuju formulir pemesanan atau menuju ke halaman detail produk atau bisa juga langsung menuju kolom check out barang. Tentu saja ini akan sangat memudahkan para pengunjung Anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

Kesimpulan

Itulah beberapa Peran Landing Page yang bisa kita bahas kali ini. Jika Anda ingin melakukan strategi pemasaran di website yang Anda miliki. Menggunakan Landing Page ini adalah salah satu cara yang sangat direkomendasikan.

Ada berbagai jenis Landing Page yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis kebutuhan Anda pula …

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *