Pengertian apa itu hukuman kebiri ?

0
1437

Pengertian apa itu hukuman kebiri ? – Indonesia akhir-akhir ini marak kasus pelecehan dan pemerkosaan. Diberbagai daerah seolah-olah terus terjadi. Presiden jokowi akhirnya mengesahkan perpu kebiri kimia. Apa itu hukuman kebiri ? apa itu kebiri kimia ? mari simak artikel ini.

Pengertian apa itu hukuman kebiri ?

Pengertian apa itu hukuman kebiri ?

Menurut wikipedia, Kebiri (disebut juga pengebirian atau kastrasi) adalah tindakan bedah dan atau menggunakan bahan kimia yang bertujuan untuk menghilangkan fungsi testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina. Pengebirian dapat dilakukan baik pada hewan ataupun manusia.

Hukuman kebiri sudah dilakukan diberbagai negara meski HAM menentangnya. Negara yang memberlakukan kebiri antara lain seperti Ceko, Jerman, Moldova, Estonia, Argentina, Australia, Israel, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Rusia serta beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Perbedaan Kebiri Fisik dan Kebiri Kimiawi

Ada dua macam teknik kebiri yaitu kebiri fisik dan kebiri kimiawi.

kebiri fisik

Dilakukan dengan cara mengamputasi organ seks eksternal pemerkosa sehingga membuat pelaku kekurangan hormon testosteron. Kurangnya hormon ini akan banyak mengurangi dorongan seksualnya.

kebiri kimiawi

memasukkan zat kimia antiandrogen ke tubuh seseorang supaya produksi hormon testosteron di tubuh mereka berkurang. Hasil akhirnya sama dengan kebiri fisik, yakni menghilangkan libido atau hasrat seksual atau kemampuan ereksi.

Efek buruk / efek samping kebiri kimiawi

Hukuman kebiri kimiawi menimbulkan efek negatif berupa penuaan dini pada tubuh. Cairan antiandrogen diketahui akan mengurangi kepadatan tulang sehingga risiko tulang keropos atau osteoporosis meningkat.

Antiandrogen juga mengurangi massa otot sehingga memperbesar kesempatan tubuh menumpuk lemak yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Itulah pengertian apa itu hukuman kebiri. Menurut anda setujukah dengan hukuman kebiri ? atau perlukah hukuman mati saja bagi pemerkosa ?

LEAVE A REPLY