Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

0
1563

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru – Saat ini kita sering menggunakan format gambar JPG, JPEG, atau PNG. Nah sekarang muncul format file gambar baru yaitu BPG. Format ini digadang-gadang lebih baik dari PNG / JPG. benarkah demikian ?

Pengertian BPG

BPG (Better Portable Graphics) sebuah format gambar baru yang diperkenalkan oleh seorang programer Fabrice Bellard pada tahun 2014. Tujuan dibentuk BPG adalah efisiensi kompresi untuk menggantikan JPEG yang ukurannya sangat besar. Ukuran BPG jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan JPG sehingga dapat menghemat disk space.

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

Sebuah pengujian menunjukan bahwa BPG menghasilkan kualitas gambar yang signifikan, jauh lebih baik dibanding JPEG walaupun ukuran filenya lebih kecil. Penambahan anti-aliasing pada BPG bekerja dengan sempurna. BPG tampak lebih halus, bandingkan dengan JPEG dengan pixel yang terlihat kasar. Detil setiap bagian tertangkap dengan sempurna pada BPG.

BPG bisa transparansi seperti PNG

BPG mampu menangani efek transparansi, sedangkan JPEG tidak bisa. Selama ini kita menggunakan format PNG atau GIF agar gambar bisa transparant. Namun PNG lebih populer dibanding GIF dalam hal transparant karena variasi warna lebih banyak.

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

Contoh perbandingan gambar BPG Vs JPG

Berikut contoh perbedaan gambar BPG Vs JPG. Anda dapat melihat jelas perbedaanya. BPG terlihat lebih halus dan indah dari JPG walau ukuranya filenya sama. ( sumber gambar gizmag.com )

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

Pengertian apa itu BPG, format gambar terbaru

Kelebihan dan kekurangan BPG

Melihat hasil diatas tentu kita berpendapat BPG lebih hebat dari JPG. Dan peluang BPG menjadi format standar dan populer pasti akan terjadi.  Namun untuk saat ini masih minim browser yang support / mendukung format BPG.

kelemahan format image BPG

BPG tidak terlepas dari kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain yaitu :

– Encodenya berat. encode file bitmap jadi BPG jauh lebih lama dari encode JPEG.
– Decodenya juga berat. Untuk buka file BPG loadingnya lebih lama daripada JPEG.
– Dukungan kurang. Banyak browser yang belum mendukung, aplikasinya buat buka BPG juga sedikit.

Begitula pengertian, perbedaan, perbandingan format BPG. Kita nantikan selanjutnya dimasa mendatang apakah BPG akan merajai dan menggantikan format JPG dan PNG.

 

 

LEAVE A REPLY