Cara tes kecepatan website

5
1048

Cara tes kecepatan website – Website yang baik adalah yang cepat diakses, loading cepat. Website dengan speed bagus akan berpengaruh pada ranking SEO. Website yang lemot akan ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Bagaimana cara tes kecepatan loading website ? bagaimana cara optimasi website agar cepat dalam loading pagenya ? apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses website ? simak ulasan artikel ini.

Cara tes kecepatan website

Untuk mengetes kecepatan loading website dapat menggunakan beberapa website speed test. Saya akan memberikan review / rekomendasi website speed test.

GTmetrix

GTmetrix adalah website yang paling sering digunakan untuk tes kecepatan website. Website ini sering sebagai rujukan para webmaster dalam menjual theme / template mereka. Silahkan kunjungi websitenya disini.

Cara tes kecepatan website

Google page speed

Ini adalah website speed test tool dari google. Tidak bisa diragukan lagi kehandalanya. Untuk mencobanya silahkan klik disini.

Pingdom

Yang ketiga adalah pingdom. Informasi yang didapat antara lain berat halaman, kecepatan download, analisis kode, nilai kinerja, saran pengembangan dan bahkan timeline sejarah

Cara mempercepat loading website

Bagaimana cara mempercepat loading sebuah website ? berikut adalah caranya :

  1. Pilih server hoting yang sesuai dengan pengunjung. Jika website anda dirasa hanya orang indonesia yang akses sebaiknya pilih server hosting jakarta. Jika pengunjung dari luar negeri pilih server US. Jika keduanya, pilih singapura.
  2. Pilih template / thema yang ringan dan dibuat dengan baik. template yang buruk dalam codingnya akan mempengaruhi kecepatan website. Jika website anda menggunakan CMS wordpress, pilih template yang terbukti ringan.
  3. Optimasi gambar. Gunakan plugin optimasi gambar jika anda pengguna CMS wordpress. Optimasi gambar penting dilakukan. Perkecil dan kompress lah gambar sebelum diupload ke website. Selain menghemat hosting, akses website juga menjadi lebih ringan.
  4. Website harus support mobile friendly / responsive design. Saat ini google mensyaratkan website yang support mobile friendly agar mendapat SEO yang bagus. Website harus dapat menyesuaikan ukuran layar, dapat menyesuaikan perangkat, dapat dibuka melalui laptop, pc maupun smartphone.
  5. Yang terakhir adalah dari sisi pengunjung. Jika website loading cepat namun pengunjungnya menggunakan internet yang lemot, maka tetap saja website menjadi lama diakses. Untuk masalah ini sudah diluar kuasa pemilik website.

Baca juga : 2 plugin wordpress optimasi gambar

Baca juga : pengertian apa itu CMS wordpress

Demikianlah artikel mengenai cara mengetes kecepatan loading website. Semoga bermanfaat.

5 COMMENTS

  1. Hallo, Saya mau tanya
    Saya pernah register ke pingdom, dan setelah register setiap terjadi up/down blog pasti saya mendapatkan notification melalui email.

    Bisakah saya unregister pingdom? Dan apakah jika pingdom down akan berdampak down juga pada sebuah situs?

    Salam,
    Nur kholis

  2. Mau tanya mas, apakah kecepatan loading blog juga mempengaruhi pada artikel cepat terindek google ?
    Karena terkadang artikel saya, 3 jam baru nampil di google.
    Terimakasih

LEAVE A REPLY