5 Software Desain Grafis dan Fungsinya

5 Software Desain Grafis – Desain cantik yang Anda lihat di internet, banner, dll pastinya tidak terlepas dari kreativitas dari sang desainer. Namun, jangan lupakan soal software pendukung yang digunakan untuk membuatnya.

Untuk Anda yang baru terjun ke dunia desain grafis, pastinya akan sedikit bingung untuk menentukan software desain apa yang akan digunakan. Karena diluaran sana, ada banyak sekali pilihannya.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih, berikut ini kami berikan beberapa software desain grafis terbaik yang dapat Anda gunakan. Mulai dari yang penggunaannya mudah hingga rumit.

software desain grafis
Ilustrasi sebuah software desain grafis

Adobe Illustrator

Berbicara soal desain, pastinya tidak lepas dari salah satu perusahaan software desain grafis terbesar yaitu Adobe. Mereka memiliki banyak sekali software desain; dan yang terpopuler adalah Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator digunakan untuk membuat desain seperti logo brand, desain website, hingga dengan video games, dan sebagainya. Anda harus berlangganan untuk menggunakan software ini.

Adobe Photoshop

Umumnya, software yang satu ini lebih banyak digunakan oleh fotografer untuk melakukan pengeditan pada hasil foto mereka. Tapi, Photoshop pun bisa digunakan untuk melakukan desain grafis.

Dengan Photoshop, Anda bisa melakukan pembuatan desain logo, undangan pernikahan, tipografi, membuat flayer, banner dan sebagainya.

Sama halnya dengan Illustrator, Anda juga harus berlangganan Adobe untuk menggunakan software yang satu ini.

GNU Image Manipulation Program

Untuk Anda yang tidak memiliki budget yang cukup untuk berlangganan Adobe, Anda bisa menggunakan GIMP (GNU Image Manipulation Program) ini sebagai software desain Anda.

GIMP bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat open source. Selain itu, software ini juga cross-platform artinya bisa digunakan diberbagai sistem operasi. Seperti OS X, Windows, dan pastinya di Linux.

Inkscape

Inkscape merupakan software vector graphics yang memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda membuat ilustrasi, desain, dan sebagainya dengan sangat mudah.

Sama halnya dengan GIMP, software sat ini juga dapat Anda jalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, hingga MacOS. Dan pastinya software ini pun bisa Anda gunakan secara gratis.

CorelDraw

Sudah menjadi rahasia umum bahwa CorelDraw sampai saat ini masih menjadi salah satu pilihan untuk menjadi pendukung Anda membuat desain yang kreatif dan menarik.

Tools-tools di dalamnya seperti Twirl, Smear, Repel dan sebagainya pun akan sangat membantu Anda dalam membuat vektor. CorelDraw juga didukung dengan antarmuka yang mudah dipahami.

Kesimpulan Software desain grafis

Anda bisa memilih software yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan juga kenyamanan penggunaan. Namun, tidak ada salahnya untuk mempelajari semuanya.

Share ke sosial media kalian :
Share on Facebook
Facebook
Pin on Pinterest
Pinterest
Tweet about this on Twitter
Twitter

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *